Monday, January 2, 2023

Dialog dealing Asking and Giving Opinion

Many years ago, Sawahan and  Beji were never flushed by the big flood. But why did the big flood almost make those two regions disappear because of the water?


Contoh Percakapan Sehari-hari Menggunakan Common Expression Asking and Giving Opinion

Supaya kamu bisa berlatih untuk asking and giving opinion, coba simak percakapan di bawah ini, yuk!

Dialog 1:

Practice Dialogue: Resti bought a new dress.

Resti: Mom, look! I bought a beautiful dress!
Resti: Mama, coba lihat deh, aku habis beli gaun yang cantik!

Mom: Hmm, how much does it cost?
Mom: Hmm, berapa harganya?

Resti: It's not expensive, really. It's only one million. Do you have any ideas?
Resti: Nggak mahal, kok. Harganya cuma satu juta. Gimana menurutmu?

Mom: It's beautiful, but in my personal opinion,  it's too expensive for a dress.
Mom: Cantik sih, tapi menurut mama ini terlalu mahal untuk sebuah dress.

Resti: But in my mind, it's really worth it, because the material is good and it's from a popular fashion brand.
Resti: Tapi menurutku ini sangat layak, soalnya bahannya bagus dan dia dari brand terkenal.

Mom: Next, I reckon that you should be wiser in spending money. There are many dresses that are much cheaper with good quality.
Mom: Ke depannya, mama pikir kamu harus lebih bijak dalam menghabiskan uang. Kan banyak dress yang harganya jauh lebih murah tapi kualitasnya bagus.

Resti: Yes, but I don't think there's anything wrong with buying expensive clothes once in a while.
Resti: Iya sih, tapi aku pikir nggak ada salahnya juga sesekali membeli baju mahal.

Mom: Well, how do you feel when you wear the dress? Are you happy and feel confident?
Mom: Ya sudah, bagaimana perasaanmu saat memakainya? Apakah kamu senang dan merasa percaya diri?

Rest: Of course! It makes me feel more beautiful and elegant.
Resti: Tentu saja! Ini membuatku merasa lebih cantik dan elegan.

Mom: I believe you’ll look more beautiful if you match the dress with a brown hijab.
Mom: Mama percaya kamu akan terlihat lebih cantik kalau memasangkan baju ini dengan hijab warna coklat.

Resti: Okay mom, I will do it. Thank you!
Resti: Oke ma, aku akan melakukannya. Thank you!

 

Dialog 2:

Practice Dialogue: Asking and giving opinions over the telephone.

Alfi: Hi Intan, thanks for picking up my call. I'm confused, Intan.
Alfi: Hai Intan, makasih ya udah angkat telepon aku. Aku lagi bingung nih, Intan.

Intan: Are you having problems? Just let me know.
Intan: Kamu lagi ada masalah? Sini cerita.

Alfi: So, I really want to continue my master's degree with a scholarship, but I'm not sure where to start. I need your opinion about it.
Alfi: Jadi aku tuh pengen lanjut sekolah S2 pakai beasiswa, tapi bingung harus mulai dari mana. Aku butuh pendapatmu.

Intan: From my point of view, you should make a scholarship plan, starting from deciding the major and what category of scholarship you want.
Intan: Aku pikir kamu harus bikin scholarship planning, mulai dari nentuin jurusan apa, sampai kategori beasiswa apa yang kamu pengen.

Alfi: I think I’ll take public policy, this major is absolutely in line with my previous bachelor's degree. Any comments?
Alfi: Aku pengen ambil jurusan kebijakan politik biar sesuai sama jurusanku sebelumnya. Ada komen?

Intan: As far as I know, you can choose Sweden, there are several campuses that offer this course.
Intan: Menurutku, kamu bisa coba pilih di Swedia, di sana ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan tersebut.

Alfi: Wow, that's great. I really want to study in a Scandinavian country. Do you have any scholarship info?
Alfi: Wah, bagus tuh. Kebetulan aku pengen banget kuliah di negara skandinavia. Kamu punya info beasiswanya?

Intan: Of course, I have heard of a full scholarship called the Sweden Scholarship. You can search more on Google.
Intan: Oh ya, aku pernah dengar ada beasiswa full namanya Sweden Scholarship. Coba deh kamu browsing.

Alfi: But, fist I have to take an English certification, right?
Alfi: Tapi, aku pasti harus punya dulu sertifikat bahasa Inggris, kan?

Intan: Of course. You can take a course first at the English Academy by Ruangguru, they use the Cambridge curriculum as an international standard.
Intan: Tentu. Kamu bisa ambil kursus terlebih dahulu di English Academy by Ruangguru, di sana kurikulumnya sudah berstandar internasional.

Alfi: Alright, how long will it take to prepare all of the documents?
Alfi: Kira-kira butuh waktu berapa lama untuk mempersiapkannya?

Intan: I think 1 year is enough, as long as you have to be really focused and serious.
Intan: Kayaknya 1 tahun cukup, asal kamu harus benar-benar fokus dan serius.

Alfi: Okay, Intan, feel that I should make the plan correctly. Thank you, Intan. I'll call you back when the plan is done, I need your opinion.
Alfi: Oke deh Intan, aku rasa aku harus membuat plannya dengan benar. Terima kasih intan. Aku akan menelponmu kembali jika plannya sudah selesai, aku butuh pendapatmu.

Intan: Sure, you can call me anytime.
Intan: Sure, kamu bisa telpon aku kapanpun.

Alfi: Thanks Intan, bye!
Alfi: Makasih Intan, dadah!

Intan: With my pleasure, Alfi. Bye!
Intan: Dengan senang hati, Alfi. Dadah!






 

0 comments: